Friday, March 2, 2018

Ganjar Menghadiri Rapat Koordinasi UMKM


Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Rapat Koordinasi Tempat bersama dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM se-Jawa Tengah di Semarang Town Square Semarang, Senin (13/2).

Dalam sambutannya Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar menegaskan bahwa koperasi merupakan media yang tepat dalam berdikari dalam perekonomian warganya.

“Via koperasi kita bisa berdikari di bidang ekonomi,” katanya.

Dirinya berkeinginan koperasi di Indonesia tak cuma beranggotakan 50-100 member saja, seandainya diperhatikan dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai ratusan juta jiwa.

Ganjar mengatakan seharusnya koperasi memberikan keuntungan yang lebih besar kepada para member. Ini dikarenakan sifat koperasi yang eksklusif, merupakan sebab koperasi didirikan dari, oleh, dan untuk member.

“Via koperasi ini para member bisa bergerak bersama untuk memenuhi kebutuhan segala member. Ini bisa mengentaskan kemiskinan,” katanya.

Dia mengatakan dikala ini bukan lagi saatnya segala hal, termasuk koperasi itu sendiri seharusnya dan masih bergantung dengan APBN ataupun APBD.

“Dapat melibatkan perguruan tinggi, LSM atau pihak-pihak yang peduli. Zaman sekarang seharusnya berani menerobos ke luar. Ini penemuan kreatif dalam `leadership`,” tegasnya.

Agenda Dinas Koperasi dan UKM yang akan mengaplikasikan fasilitas media sosial untuk lebih mengeksplorasi potensi koperasi di Jawa Tengah ini betul-betul diapresiasi oleh Gubernur Ganjar.

“Sebagai model, seandainya bicara koperasi dari sektor kongkrit, produk ini bisa dijual atau tak, sedap atau tak, berkualitas atau tak. Apabila baik ya `go`. Kita bisa memanfaatkan koperasi ini,” pungkasnya.

Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar mengatakan potensi koperasi di Jawa Tengah juga seharusnya terus dikembangkan dan disokong agar cakap lebih mempersembahkan produk-produk koperasi yang ada di Jawa Tengah sendiri.


Sumber : beritasemarang.net