Thursday, May 24, 2018

Gubernur Ganjar Pranowo Agar Anak Muda Peduli Budaya Lokal



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Muda punya kiat tersendiri agar generasi muda zaman kids now tidak melupakan budaya lokal. Seperti wayang, karawitan. Yakni mendorong para seniman dalang dan karawitan mengkombinasi instrumen gamelan dengan instrumen masa kini. Seperti bass, simbal maupun keyboard.

Inilah Cara Gubernur Ganjar Pranowo Agar Anak Muda Peduli Budaya Lokal

''Dalang hendaknya bisa melakukan hal-hal yang inovatif, bisa mementaskan yang secara visual itu menarik perhatian kids zaman now," kata Politikus PDIP ini saat menghadiri pentas pewayangan untuk memperingati Hari Wayang Nasional di halaman RRI Semarang, Senin (13/11).

Inilah Cara Gubernur Ganjar Pranowo Agar Anak Muda Peduli Budaya Lokal

Cerita pewayangan, kata Ganjar, bersifat adaptif terhadap perkembangan jaman dan selalu bisa diterapkan nilai-nilainya. "Sosialisasi nilai kebangsaan dan agama bisa disalurkan melalui media wayang. Di dalamnya ada cerita budi pekerti, gotong royong, anti-sara dan anti hoax," kata Ganjar

Hari Wayang nasional




Ia menuturkan, acara seperti ini seharusnya bisa lebih sering dilaksanakan sebagai upaya menarik minat generasi muda.

Menurut Ganjar Pranowo Muda, tidak ada batasan dalam mengkreasikan sebuah karya seni. Masih terus dibutuhkan upaya yang optimal disertai kreatifitas demi lebih diterimanya seni budaya lokal, khususnya wayang di negeri sendiri. "Harus ada orang yang haus terus menerus. Selama otak ini masih bisa berpikir, daya kreasi selalu muncul, maka kebutuhan akan seni itu tidak akan pernah cukup," tuturnya.

Sumber : Jawapos.com